Kuliah Komputer | Kuliah Komputer Di Kebumen (I-TECH),

Kuliah Komputer Di Kebumen (I-TECH) KULIAH KEKINIAN

Hasil gambar untuk itech metro lampung





Kuliah Komputer Di Kebumen (I-TECH), PWS ini kemudian nantinya difungsikan agar halaman web yang ada di dalam sebuah komputer server dapat dipanggil oleh komputer klien.

fungsi web server
Berdasarkan penjelasan pengertian web server di atas, maka saya dan kamu bisa memahami faedah web server, yaitu memproses berkas yang diminta client.
Fungsi utama web server merupakan sebagai alat untuk memproses sekian tidak sedikit berkas yang diminta oleh klien, lalu memberikan respon dalam bentuk halaman web. Halaman website tersebut terdiri dari teks, gambar, dokumen, video, dan lain-lain.

Jadi, setiap kali pemakai internet membuka halaman website, maka terjadi permintaan (request). Selanjutnya, bila alamat IP atau domain website yang diminta benar, maka web server akan memberikan respon dengan menunjukkan data atau file yang ada di data base website tersebut guna pemakai.

Cara Kerja Web Server
Cara kerja web server mengacu pada pengertian web server dan fungsinya, yakni guna menerima permintaan dari client dan mengirimkan kembali berkas yang diminta oleh client.

BACA JUGA : Pengertian Website Dan Jenis Jenisnya

Seperti yang sudah disebutkan di atas, web client merupakan pemakai internet yang memakai browser (Chrome, Mozilla, Opera, Safari, dan lainnya) untuk terhubung dengan web server melalui internet. Sedangkan web server merupakan software yang melayani permintaan web client.

Ketika web client (browser) menggarap permintaan data halaman website guna server, maka permintaan tersebut dikemas oleh browser di dalam TCP (Transmission Control Protocol) yang merupakanprotokol transport. Lalu permintaan tersebut dikirim ke alamat data, dalam hal ini merupakanprotokol HTTP atau HTTPS (baca: pengertian HTTP dan HTTPS)

Selanjutnya, data tersebut akan dicari oleh web server di dalam komputer server. Jika data ditemukan maka data tersebut akan dikemas oleh web server dalam TCP lantas dikirim dan ditunjukkan ke browser.

Jika data yang dikirim diminta web client tidak ditemukan, maka web server akan menolak permintan dan menunjukkan halaman Error 404 atau Page Not Found di browser
Contoh Web Server
Setelah memahami pengertian web server, maka berikut ini merupakan macam-macam web server, jenis, dan contoh web server yang dapat dipakai sebagai hosting dari sebuah website:

BACA JUGA : Pengertian HTML

1. Apache
ApacheDari sebanyak web server yang tersedia, Apache merupakanweb server yang paling populer dan sangat tidak tidak banyak digunakan. Web server ini mempunyai sejumlah sokongan laksana PHP, kontrol akses, dan SSL.

Apache menanam kontrol akses sebagai modul dimana yang sangat tidak sedikit dipakai ialah modul Perl. Sementara fitur PHP merupakanprogram yang serupa CGI (Common Gateway Interface) untuk memproses teks.

2. IIS (Internet Information Services)

Web server IIS ini digunakan dalam OS Windows (Windows 2000 dan Windows 2003) yang didukung dengan komponen seperti protokol jaringan DNS, TCIP/IP dan software yang digunakan untuk membuat situs web.



IIS juga kompatibel guna menyokong sejumlah protokol seperti FTP, HTTP, NNTP, SMTP dan SSL. Kelebihan dari server ini bisa diakses pada penuh pada Windows dan mendukung platform .NET. Kekurangannya merupakan web server ini termasuk jenis yang berbayar.

3. Nginx
nginxWeb server Nginx atau dibaca engine x ini merupakanweb server yang open source dan dapat dipakai oleh siapapun secara gratis di samping Apache. Keunggulan Nginx dibanding Apache yaitu pada Apache tidak dapat menangani web server yang memiliki traffic tinggi.

Dengan begitu untuk mendukung web bisnis profesional dengan traffic tinggi, Nginx lebih baik digunakan daripada Apache. Kelebihan lainnya merupakan mempunyai peforma tinggi, arsitektur event-based dan fiturnya sangat bermanfaat.

4. Lighttpd
Lighttpd atau yang dibaca lightly ini merupakanweb server yang juga open source dan dikembangkan oleh programmer berkebangsaan Jerman. Web server ini lebih diutamakan digunakan pada OS Linux atau dari kelompok Unix lainnya.

Kelebihan dari web server ini yaitu memiliki kemampuan untuk mengatur CPU load secara efektif dengan sebanyak fitur lainnya seperti FastCGi, SCGI, URL-Writing dan Output-Compression.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.