Kuliah Komputer KEBUMEN Indonesian (I-TECH) TER FAVORIT,

Konsep digital ini ternyata pun menjadi cerminan pemahaman suatu suasana yang saling berlawanan. Pada cerminan saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan terlihat terang. Namun bilamana saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap

#E-BUSINESS

e-Business atau Electronic business bisa didefinisikan sebagai kegiatan yang sehubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu software teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, edukasi pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada suatu sistem terotomasi. Pada masa sekarang, urusan ini dilaksanakan sebagian besar melewati teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini kesatu kali diajukan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.
Marketspace adalaharena di internet, lokasi bertemunya calon penjaja dan calon pembeli secara bebas laksana layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakanadopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam makna kata siapa saja tersingkap untuk masuk ke arena itu dan bebas menggarap sekian tidak tidak banyak inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.
Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, dapat merealisasikan konsep e-Business, sebab dalam proses pembuatan produk maupun jasanya, masing-masing perusahaan pasti memerlukan sumber daya informasi.

#E-COMMERCE
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, pun e-commerce) adalahpenyebaran, pembelian, penjualan,pemasaran barang dan jasa melewati sistem elektronik laksana internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang bisa melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pendataan data otomatis.
Industri teknologi informasi menonton pekerjaan e-dagang ini sebagai software dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang sehubungan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakanbagian dari e-business, di mana jangkauan e-business lebih luas, tidak melulu sekedar perdagangan tetapi mencakup pun pengkolaborasian partner bisnis, pelayanan nasabah, lowongan kegiatan dll. Di samping teknologi jaringan www, e-dagang pun memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan format teknologi non komputer yang lain laksana halnya sistem ekspedisi barang, dan perangkat pembayaran guna e-dagang ini.
E-dagang kesatu kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada ketika kesatu kali banner-elektronik digunakan untuk destinasi promosi dan periklanan di sebuah halaman-web (website). Berdasarkan keterangan dari Riset Forrester, perniagaan elektronik menghasilkan penjualan ekuivalen AS$12,2 milyar pada 2003. Berdasarkan keterangan dari laporan yang beda pada bulan oktober 2006 yang lalu, penghasilan ritel online yang mempunyai sifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan menjangkau seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

#ENKRIPSI

DÍ bidang kriptografi, enkripsi adalahproses menyelamatkan suatu informasi dengan menciptakan informasi itu tidak bisa dibaca tanpa pertolongan pengetahuan khusus. Dikarenakan enkripsi telah dipakai untuk menyelamatkan komunikasi di sekian tidak tidak banyak negara, melulu organisasi-organisasi tertentu dan pribadi yang mempunyai kepentingan yang paling mendesak bakal kerahasiaan yang memakai enkripsi. Di pertengahan tahun 1970-an, enkripsi powerful dimanfaatkan guna pengamanan oleh sekretariat agen pemerintah Amerika Serikat pada domain publik, dan ketika ini enkripsi telah dipakai pada sistem secara luas, laksana Internet e-commerce, jaringan Telepon bergerak dan ATM pada bank.
Enkripsi dapat dipakai untuk destinasi keamanan, tetapi kiat lain masih dibutuhkan untuk menciptakan komunikasi yang aman, khususnya untuk meyakinkanintegritas dan autentikasi dari suatu pesan. Contohnya, Message Authentication Code (MAC) atau digital signature. Penggunaan yang lain yakni untuk mengayomi dari analisis jaringan komputer.

#DIGITAL SIGNATURE

Digital Signature adalahsalah satu teknologi yang dipakai untuk meningkatkan ketenteraman jaringan. Digital Signature memiliki faedah sebagai penanda pada data yang meyakinkan bahwa data itu adalahdata yang sebetulnya (tidak terdapat yang berubah). Dengan begitu, Digital Signature dapat mengisi paling tidak dua kriteria ketenteraman jaringan, yakni Authenticity dan Nonrepudiation.
Cara kerja Digital Signature adalahdengan memanfaatkan dua buah kunci, yakni kunci publik dan kunci privat. Kunci publik dipakai untuk mengenkripsi data, sementara kunci privat dipakai untuk mendekripsi data. Pertama, dokumen di-hash dan menghasilkan Message Digest. Kemudian, Message Digest dienkripsi oleh kunci publik menjadi Digital Signature.
Untuk membuka Digital Signature tersebut dibutuhkan kunci privat. Bila data telah diolah oleh pihak luar, maka Digital Signature pun ikut berubah sampai-sampai kunci privat yang terdapat tidak akan dapat membukanya. Ini merupakansalah satu kriteria keaman jaringan, yakni Authenticity. Artinya merupakan, kemurnian data bisa terjamin dari perubahan-perubahan yang dilaksanakan pihak luar.
Dengan teknik yang sama, pengirim data tidak dapat membantah data yang sudah dikirimkannya. Bila Digital Signature sesuai dengan kunci privat yang dipegang oleh penerima data, maka dapat dijamin bahwa pengirim adalahpemegang kunci privat yang sama. Ini berarti Digital Signature mengisi salah satu kriteria ketenteraman jaringan, yakni Nonrepudiation atau non-penyangkalan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.